Kaki yang pecah-pecah adalah salah satu masalah bagi siapapun yang mengalaminya, khususnya bagi para ladies yang suka mengenakan alas kaki dengan disain yang cantik. Tentunya hal tersebut akan mengurangi rasa percaya diri dan rasa tidak nyaman ketika mereka mengenakannya. Kaki dan tumit kaki yang pecah-pecah biasanya disebabkan oleh kurangnya vitamin dan kelembapan pada kulit sehingga akan mengering dan membuka garis pada tumit yang mengakibatkan jaringan kulit mengeras dan luka. Biasanya baru disadari ketika tumit kaki menyentuh katun atau benda halus yang lain, misalnya kaus kaki dan kulit kita sendiri jelas tumit kaki kita terasa kasar. Bagaimana cara mencegah dan mengatasi kaki yang pecah-pecah? Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:

1. Menggunakan body lotion

Terkadang tumit kaki adalah salah satu bagian yang terlewat saat kita membalurkan lotion ke seluruh tubuh, hal tersebut membuat tumit kurang kelembapan. Untuk mencegah agar tumit kaki tidak pecah-pecah maka oleskan lotion secara memutar sambil dipijat halus pada bagian tumit yang bertujuan agar kulit dapat menyerap vitamin dari lotion tersebut.

2. Merendam kaki pada larutan garam spa

Perawatan dilakukan untuk menjaga kelambapan dan kebersihan. Cucilah kaki dengan bersih. Kemudian siapkan baskom dengan air hangat dan garam spa yang telah dilarutkan, lalu rendam kedua kaki selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu gosok-gosok kaki dengan batu apung agar kaki tetap halus dan bersih.

3. Oleskan minyak kelapa/ minyak zaitun

Jika tumit kaki Anda sudah terasa perih sebaiknya cucilah kaki dengan menggunakan air hangat terlebih dahulu, keringkan menggunakan tisu dengan cara ditekan-tekan. Kemudian oleskan minyak pada bagian kaki yang pecah-pecah dengan perlahan dan sedikit pijatan. Lakukan treatment tersebut pagi dan malam hari ketika hendak tidur setiap hari.

4. Oleskan krim khusus untuk mengatasi kaki yang pecah-pecah

Sama halnya dengan menggunakan minyak kelapa/ zaitun, penggunaan krim khusus kaki pecah-pecah juga hanya tinggal mengoleskannya ke bagian tumit yang sudah dibersihkan terlebih dahulu, tidak perlu pijitan pun tidak apapa karena biasanya krim telah mengandung beberapa unsur yang dibutuhkan oleh kulit kaki kita untuk memperbaiki jaringan yang rusak pada bagian tumit.

Semoga tips di atas dapat membantu Anda dalam mencegah dan mengatasi masalah kaki yang pecah-pecah. Akan tetapi, tentunya harus dilakukan secara rutin dan konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY