Asus X401U reviewAsus X401U, produk laris manis di pasaran laptop Indonesia. Dengan harga kurang dari 3 juta saja yang setara harga netbook berlayar kecil, kita bisa mendapatkan laptop berlayar 14″, tentu ini sangat membantu untuk pekerjaan yang membutuhkan layar cukup besar. Tidak ada yang meragukan desain laptop ini, namun bagaimana performanya? Simak ulasan dan review Asus X401U berikut ini.

Desain Asus X401U

Berterimakasihlah kepada Asus karena sudah membuat produk terjangkau ini dengan desain yang menawan, saya yakin kecuali bagi orang yang suka dunia komputer, tidak akan ada yang menyangka bahwa harganya bahkan tidak sampai 3 juta. Jadi singkat saja, desainnya bagus 🙂

Bobot Asus X401U adalah 1.7g kg, tidak begitu ringan, namun dibanding dengan notebook kebanyakan bisa dibilang Asus X401U cukup ringan.

Layar Asus X401U

Layarnya 14″, standar notebook dengan resolusi layar 1366 x 768 pixels dengan teknologi WXGA LED. Tampilan layar jernih, namun terlihat terlalu terang di objek warna putih. Belum ditemukan cara menurunkan terangnya di warna putih yang terlihat terlalu bersinar/ silau.

Prosesor Asus X401U

System Asus X401U | Klik untuk memperbesar gambar.
System Asus X401U | Klik untuk memperbesar gambar.

Nah, inilah inti komputer, yakni prosesor. Dibekali dengan prosesor kelas low-end, AMD Dual-Core C-60 dengan clockspeed 1 GHz dan cache 1 MB, bisa dikatakan bahwa ini adalah prosesor kelas netbook. Jangan terlalu berharap bisa lancar untuk multitasking berat dan menjalankan software berat dengan lancar dan cepat.

Tapi nanti dulu, bukan berarti prosesor ini benar-benar jelek. Untuk komputasi ringan sampai menengah seperti mengerjakan program ‘office’ seperti Microsoft World, Exel, PowerPoint, Browsing multitab, dan beberapa image editing software, laptop ini mampu kok untuk menjalankan dengan lancar. Tentu Anda yang tertarik laptop ini pun akan menggunakan untuk program-program yang saya sebutkan bukan?

Graphics Card/ VGA Asus X401U

VGA Asus X401U adalah AMD Radeon HD 6290. Sekali lagi, jangan terlalu berharap bahwa dengan laptop ini Anda akan bisa bermain game berat, bahkan game menengah pun saya tidak yakin Asus X401U bisa menjalankannya. Yah, untuk game yang sekedar menghibur diri sejenak seperti Zuma dan sekelasnya sih pastinya masih sanggup.

RAM/ Memory Asus X401U

Standar RAM adalah 2 GB, sudah lebih dari cukup untuk menjalankan program sehari-hari.

Asus X401U di Windows 8

Laptop ini bisa menggunakan Sistem Operasi Windows 8 tanpa ada masalah berarti. Dan pastinya diuntungkan karena Windows 8 secara keseluruhan lebih cepat dari Windows 7, dan harganya juga lebih murah.

Fitur Asus X401U

Asus X401U dibekali dengan teknologi IceCool system khas Asus sehingga area palm rest tetap dingin. Untuk suhu pemakaian saat digunakan, bagian bawah laptop hanya hangat sedikit sekali bahkan bisa dibilang tidak terasa hangat.

Instan On, fitur menghidupkan laptop hanya dalam 2 detik. Diperlukan software khusus dari Asus untuk menggunakan fitur ini. Beberapa pengguna menganggap fitur ini tidak terlalu penting karena sistem sleep atau standby di Windows sudah cukup cepat untuk menghidupkan kembali. Asus X401U bisa bertahan di kondisi standby selama 2 minggu dengan fitur Instan On ini, tentu masih bergantung banyak faktor.

USB 3.0, Asus X401U sudah dilengkapi slot USB 3.0 untuk transfer data yang 10 kali lebih cepat dari USB 2.0. Total slot USB Asus X401U hanya ada 2 buah yakni USB 3.0 satu buah di sebelah kanan dan USB 2.0 di sebelah kiri.

Interface lain di Asus X401U antara lain HDMI, VGA, Card Reader, LAN, 3.5 audio output (tipe satu interface untuk mic dan speaker).

Hard Disk Asus X401U adalah 320 GB, sudah cukup besar untuk menyimpan dokumen, musik, dan beberapa film kesukaan.

Garansi Asus X401U hanya 1 tahun, berbeda dengan produk Asus kebanyakan yang diberikan garansi 2 tahun.

Asus X401U sudah dilengkapi kamera 0.3 MP (VGA) sehingga Anda bisa video chat dengan skype, YM, dan video chat software lainnya.

Keyboard Asus X401U

Asus X401U cukup nyaman digunakan untuk mengetik namun untuk yang tidak terbiasa dengan desainnya memang agak kurang nyaman. Namun dengan pembiasaan beberapa hari bahkan jam saja, kita sudah bisa nyaman menggunakan keyboardnya untuk mengetik.

Touchpad Asus X401U

Touchpad Asus Slimbook X401U cukup nyaman namun ada kekurangan di tombol klik kiri dan kanan yang menyatu di touchpad. Saat diklik terasa agak berat dan serasa ringkih, untuk penggunaan lama lebih nyaman menggunakan bantuan Mouse.

Score WEI Asus X401U di Windows 8 (Windows Experience Index)

Score WEI Windows 8 Asus X401U

Tampilan DirectX Diagnostic Tool (dxdiag) System Asus Slimbook X401U

Tampilan DirectX Diagnostic Tool (dxdiag) System Asus Slimbook X401U

Tampilan DirectX Diagnostic Tool (dxdiag) Display Asus Slimbook X401U

Tampilan DirectX Diagnostic Tool (dxdiag) Display Asus Slimbook X401U

KESIMPULAN untuk Asus Slimbook X401U

Harganya di bawah 3 juta, itu artinya adalah bahwa laptop ini berharga setara netbook namun dengan layar notebook yakni 14″. Asus Slimbook X401U sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan laptop untuk kebutuhan program office dan browsing, standar pekerja kantor biasa dan pelajar sekolah. Prosesor dan VGAnya tidak begitu cepat, namun cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Desain yang bagus, keyboard yang nyaman untuk mengetik, dan fitur-fitur kelengkapannya membuat Asus Slimbook X401U sangat direkomendasikan untuk Anda.

Kelebihan Asus Slimbook X401U:

– Harga terjangkau

– Keyboard cukup nyaman

– Desain menarik

– USB 3.0 dan interface lainnya cukup lengkap

Kelemahan dan kekurangan Asus Slimbook X401U:

– Prosesor dan VGA lambat atau setara netbook

– Tanpa DVD Drive/ Optic Drive

– Slot USB hanya 2 buah

– Tombol klik touchpad kurang nyaman

– Mudah terkena bekas tangan di body, tidak untuk yang berwarna putih

– Layar terlalu terang di objek warna putih meski brightness sudah paling rendah

Asus X401U review

Tipe Asus X401U:

Asus Slimbook X401U-WX011D – Black
Asus Slimbook X401U-WX030D – White
Asus Slimbook X401U-WX075D – Black
Asus Slimbook X401U-WX076D – White

Kompetitor:

1. Lenovo IdeaPad G480 811: Dengan beda harga sedikit, laptop ini memberikan prosesor yang lebih baik dan tentu saja DVD drive, namun bobotnya memang lebih berat dari Asus X401U.

Lihat juga: Lenovo IdeaPad G470

2. Fujitsu LifeBook LH531-B970: Berbekal nama Fujitsu, harga yang masih terhitung terjangkau, laptop ini memberikan prosesor yang cukup jauh lebih baik dibanding Asus X401U.

Demikian ulasan dan review lengkap Asus X401U dengan kelebihan dan kekurangannya. Spesifikasi dapat saja memiliki kesalahan dan perubahan, pastikan Anda cek spesifikasi secara jelas di tempat membeli.

Sumber gambar (sementara): Asus.com untuk Review Asus Slimbook X401U | Netbook Rasa Notebook | Laptop murah dan terjangkau.

Terms: ASUS Slimbook X401U-WX075D, laptop ASUS Slimbook X401U-WX075D, asus x401u-wx075d (slimbook)

6 COMMENTS

  1. gan,mending pilih mana ya antara ASUS X401U ini dengan HP Pavilion Sleekbook 14-B008AU??
    ane bingung nih mau pilih yang mana,secara harga keduanya kan gak beda jauh,n keduanya juga bertipe sama,yaitu notebook slim (tanpa optical drive)..
    please dijawab ya agan brian..

    • Kalau membandingkan berdasarkan soesifikasinya, HP Pavilion Sleekbook 14-B008AU relatif lebih bagus karena prosesor dan VGAnya lebih tinggi, namun sebenarnya wajar saja karena harganya pun beda sekitar 500 ribu. kalau berdasarkan model/ desainnya, saya kira tergantung selera. 500 ribu untuk perbedaan performa yang tidak terlalu jauh saya kira ga sepadan. Menurut saya ASUS X401U lebih tinggi ‘value for money’nya. Akhirnya pilihan tetap kembali di tangan agan. Semoga membantu 🙂

LEAVE A REPLY