Preview Nokia Lumia 920 | Harga dan Spesifikasi
Nokia.com

Cukup lama sejak awal keluar rumor tentang Smartphone Nokia ini sampai benar-benar diluncurkan. Di Indonesia pun Nokia Lumia 920 belum lama ini dipasarkan. Bagaimana impresinya? Saya rasa Anda setuju bahwa Lumia 920 ini tampak kokoh dan rigid.

Desain

Masih mirip seperti Nokia Lumia sebelumnya, layar yang tampak tidak rata dengan ukuran besar 4.5 inches. Bahan luarnya menggunakan plastik polikarbon. Bobot secara keseluruhan lebih berat dari kompetitor utama yakni Apple iPhone 5 dan Samsung Galaxy S3. Dimensi Nokia Lumia 920 ini 130.3 x 70.8 x 10.7 mm, dan bobot 185 gram.

Layar

Menggunakan layar IPS TFT Capacitive Touchscreen, 16 juta warna, 4.5 inches, 1280 x 768 pixels, multitouch, Corning Gorilla Glass 2, dan PureMotion HD+. Dengan fitur layar tersebut, Nokia Lumia 920 relatif lebih baik dari Samsung Galaxy 3 dan Apple iPhone.

Tampilan

Tampilan yang terbilang baru ini menjadi andalan Lumia 920 yakni Windows Phone 8. Banyak kontroversi soal tampilan ini, ada yang menyukainya namun banyak juga yang merasa tidak nyaman. Tampilannya terlihat terlalu simpel jika dibanding Android dan iOS. Namun justru itulah yang coba ditawakan Windows Phone 8 yakni simpel namun functional.

Hardware

Nokia Lumia 920  disenjatai dengan prosesor Qualcomm MSM8960 Snapdragon, Dual-Core 1.5 GHz Krait, 1 GB RAM, 32 GB Storage, dan Andreno 225 GPU. Spesifikasi tsb tidak terlalu ‘wah’ jika dibanding dengan kompetitor, namun sudah sangat cukup dan memadai untuk menjalankan aplikasi dengan lancar.

Baterai

Baterai Nokia Lumia 920 adalah Li-Ion 2000 mAh embedded.

Kamera dan Video

Kamera Nokia Lumia 920 digadang-gadang memiliki kualitas  kamera profesional. Dengan teknologi PureView yang pernah dipakai di Nokia 808, kameranya dapat mengambil gambar dengan kualitas sangat baik, namun belum bisa disejajarkan dengan kamera profesional. Secara keseluruhan, Nokia Lumia 920 masuk dalam Smartphone dengan kamera terbaik bersanding dengan iPhone 5 dan Galaxy S3.

Spesifikasi kamera, 8 MP, 3264 x 2448 pixels, Video 1080p, Carl Zeiss optics, Optical image stabilization, autofocus, dual les flash, touch focus, geo-tagging, dan teknologi Pure View. Kamera sekunder 1.3 MP, video 720p.

Software dan Aplikasi

Di Windows Phone 8 Nokia Lumia 920, aplikasi yang bisa didownload di Windows Store bukan hanya aplikasi regional Indonesia melainkan dari seluruh region sehingga banyak sekali aplikasi yang sudah bisa didownload.  Beberapa software di Nokia Lumia 920 yaitu, XBOX, Wallet, App Highlights, Office, Music and Video, Creative Studio, Nokia Care, Nokia Drive, Smart Shoot, Nokia Maps, dan lain-lain.

Harga Nokia Lumia 920

Harganya setara dengan kompetitornya yakni Rp 6.500.000

Kesimpulan

Untuk yang bosan dengan Android atau iOS dan ingin tampil beda, bisa pilih Nokia Lumia 920. Spesifikasi yang tinggi dan segala kelebihan yang dimiliki menjadikan Smartphone ini layak untuk dimiliki. Memang masih banyak kelemahan terutama disisi aplikasi dan software, namun pastinya ke depan akan semakin berkembang.

Kelebihan Nokia Lumia 920

–          Desain kokoh

–          Sudah tersedia aplikasi di Windows Store

–          Spesifikasi cukup tinggi

–          Kualitas kamera yang tinggi

Kelemahan dan kekurangan Nokia Lumia 920

–          Tidak bisa menambah storage eksternal

–          Aplikasi masih terbatas

–          Bobot relatif berat

–          Spesifikasi masih di bawah kompetitor

LEAVE A REPLY