ThinkPad, nama yang terkenal ketangguhannya sejak zaman buyut komputer, IBM. Dan ketika IBM diakuisisi oleh Lenovo pun ThinkPad masih diteruskan hingga sekarang. Istilah tangguh di sini bukanlah sebagai kiasan saja tapi memang memiliki makna sebenarnya, tangguh di cuaca yang beragam, tangguh ketika terbanting, terinjak, terkena tumpahan air di keyboard, dan ketangguhan lainnya. Itulah kenapa harga Lenovo ThinkPad series harganya di atas rata-rata laptop dengan spesifikasi yang setara.

Desain: Desain ThinkPad dari seri T, W, X, rasanya semua terlihat sama. Seri Edge yang terbaru mungkin terlihat agak berbeda meski masih mewarisi desain klasik. Apakah desain klasik tersebut jelek? oh tentu saja tidak. Kalangan tertentu yang memang menjadi target sasaran Thinkpad pasti akan menyukai desain simpel, klasik, dan membosankan membuat jatuh cinta. Kalangan seperti apa itu? yup, umumnya yang menggunakan laptop untuk bisnis, kerja berat, dan sebagainya. Apakah salah jika dipakai pelajar atau pengguna rumahan, tentu saja tidak ada yang salah, selagi Anda menyukainya dan harganya ga masalah.

Harga: Harga ThinkPad terbaru seri T dan W (belum dijual resmi di Indonesia) memang terlihat tak bersahabat, itu karena spesifikasi dan material komponen yang sangat kuat sehingga lebih tahan ketika terkena benturan seperti terbanting. Adapun seri Edge tampaknya lebih bersahabat meskipun agak sedikit kehilangan jatidiri ThinkPad.

Namun begitu, banyak sekali pengguna ThinkPad atau biasa disebut ThinkPadder yang menjual dalam kondisi bekas atau bahkan kondisi baru namun dengan spesifikasi agak jadul, yah teknologi 1-2 tahun yang lalu. Harganya lebih bersahabat, biasa dijual harga 1 jutaan sampai 4 jutaan. Jika Anda berminat bisa dicari di forum jualbeli seperti kaskus atau berniaga dan sejenisnya. Malahan kalau diperhatikan, ThinkPad lama memiliki aura yang lebih dasyat, terlebih yang masih ada logo IBMnya.

Thinkpad in Actions:

Description
English: Susan J. Helms, Expedition Two flight engineer, works with three (IBM 7X0 series) laptop computers at the Human Research Facility (HRF) in the U.S. Laboratory. The image was taken with a digital still camera.
Date 18 May 2001
Source http://spaceflight.nasa.gov/gallery/images/station/crew-2/html/iss002e6294.html
Author NASA
DescriptionEnglish: Russian cosmonaut Maxim Suraev, Expedition 21 flight engineer, works with camera equipment in the Pirs Docking Compartment of the International Space Station.Date2 November 2009Sourcehttp://spaceflight.nasa.gov/gallery/images/station/crew-21/html/iss021e018539.htmlAuthor	NASA
Description
English: Russian cosmonaut Maxim Suraev, Expedition 21 flight engineer, works with camera equipment in the Pirs Docking Compartment of the International Space Station.
Date 2 November 2009
Source http://spaceflight.nasa.gov/gallery/images/station/crew-21/html/iss021e018539.html
Author NASA

Yah begitulah, dari gambar di atas kita bisa tau bahwa ThinkPad memang digunakan oleh kaum profesional dan pebisnis. Cukup membahas tentang keindahan ThinkPad, berikut akan kami berikan info seri-seri ThinkPad yang dijual resmi di Indonesia dalam kondisi baru. Untuk kondisi bekas bisa langsung mencari di forum jualbeli.

Beberapa seri ThinkPad:

  • ThinkPad Twist
  • ThinkPad tablets
  • T Series
  • W Series
  • X Series
  • L Series
  • Edge Series

Selanjutnya akan kami berikan info Lenovo ThinkPad yang dijual di Indonesia di halaman yang berbeda. Silahkan baca di Laptop Lenovo ThinkPad – Spesifikasi dan Harga di Indonesia.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY