Pengertian Asma: Asma (Asthma) adalah penyakit penyempitan pernafasan sebagai respon terhadap rangsangan pada paru-paru. Kondisi ini menyebabkan diameter jalannya nafas mengecil, gangguan syaraf otonom dalam pengaturan otot polos saluran nafas dan kerusakan sel epitel mukosa saluran nafas.

Penyebab Asma

Sel-sel tertentu di dalam saluran pernafasan (terutama sel mast) dianggap bertanggungjawab terhadap awal mula terjadinya penyempitan saluran nafas ini. Asap, udara dingin, serbuk sari, bulu binatang, debu maupun aktivitas olahraga membuat sel mast yang terdapat di sepanjang bronki bereaksi melepaskan bahan seperti histamin dan leukotrien sehingga terjadi peningkatan pembentukan lendir yang membuat otot polos dari bronki mengalami keajang dan jaringan yang melapisi saluran udara mengalami pembengkakan. Inilah yang membuat diameter saluran udara mengecil (bronkokonstriksi). Penyempitan ini menyebabkan penderita sulit bernafas.

Hal-hal yang dapat merangsang kambuhnya asma adalah infeksi virus atau bakteri, polutan, zat-zat iritan, udara dingin, juga gangguan emosi seperti stres dan rasa cemas. Atopi adalah faktor resiko nyata yang dapat menyebabkan timbulnya gejala asma. Atopi merupakan cikal bakal penyakit yang disebabkan alergi atau reaksi imunologis.

Gejala klinis serangan asma adalah sesak nafas dan berbunyi (mengi). Pada anak-anak jika batuknya secara episodik yang biasanya malam atau dini hari, musiman dan setelah anak lelah beraktivitas patut dicurigai adanya kecenderungan asma. Apalagi jika dalam riwayat keturunan keluarga ada penderita asma atau atopi.

Cara Alami Pengobatan Asma

Susu Kambing EtawaBawang Putih: Iris tipis 5 siung bawang putih lalu rebus dengan 1 gelas air. Biarkan mendidih hingga air tersisa setengahnya. Dinginkan lalu saring dan minum 2 kali sehari. Bisa juga ditambahkan sedikit madu jika tak kuat dengan aroma bawang putih. Atau bisa juga dengan  menghaluskan3 siung bawang putih lalu tambahkan 1 sdm madu dan gula batu secukupnya. Minum setiap pagi secara rutin.

Daun Sirih: Tumbuk halus 8 lembar daun sirih dan 30 butir lada putih. Tambahkan 1 sendok minyak makan. Oleskan pada dada dan leher, lakukan 1 kali sehari jika asma menyerang.

Kunyit: Parut halus rimpang kunyit seukuran 1 jari, sisihkan. Tumbuk halus 1/2 biji buah pinang lalu dicampur dengan parutan rimpang kunyit. Tambahkan 1/2 gelas air masak dan sedikit kapur sirih, peras lalu saring dan minum 1 kali sehari.

Serai: Kupas da buang daun dari 10 batang serai, cuci lalu rebus dengan 2 gelas air. Tambahkan 2 sdm gula aren dan biarkan mendidih hingga air tersisa 1 gelas. Saring lalu dinginkan dan minum setiap pagi sebelum makan apapun.

Kecubung: Untuk dewasa, keringkan bunga kecubung atau 2 lembar daun kecubung. Daun dan bunga kecubung kering dilinting dan dihisap seperti rokok dengan dosis tidak lebih dari 1 linting tiap 6 jam. Untuk anak-anak, bunga atau daun kecubung kering dibakar  lalu uap bakaran tersebut dihisap atau dihirup.

Daun Randu (daun pohon kapuk): Cuci bersih 6 lembar daun randu, tumbuk halus dan saring. Tambahkan air masak secukupnya dan 3 sendok makan madu. Minum tiap 3 jam sekali saat asma menyerang.

Susu Kambing: Minum susu kambing sebanyak 200 ml yang sudah dipanaskan sebelumnya. Minum 3 kali sehari dan lakukan secara rutin. Setelah 3 bulan mengkonsumsi susu kambing akan terlihat efeknya. Teruskan minum walaupun asma tidak lagi menyerang namun dengan dosis menjadi 1 kali sehari. Susu kambing mampu meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung mineral berupa magnesium, klorida, dan selenium yang baik untuk metabolisme tubuh.

Temulawak: Iris tipis 1.5 rimpang temulawak lalu keringkan. Setelah kering rebuslah dengan 5 gelas air ditambah gula aren secukupnya. Biarkan mendidih sampai air tersisa 3 gelas, saring dan minum.

Tips Untuk Penderita Asma

– Hindari pemakaian bantal guling yang terbuat dari kapuk.

– Mengkonsumsi buah kiwi untuk membantu mencegah Asma.

– Gurah dapat membantu mengatasi masalah asma dan pernafasan.

– Hindari mengkonsumsi kacang-kacangan, gorengan, minuman bersoda, dan minuman dingin.

– Bersihkan secara rutin  selimut, karpet, gorden, dan perabot rumah lainnya.

– Hindari melakukan aktivitas fisik yang berat dan selalu lakukan pemanasan sebelum berolahraga. Minumlah obat sebelum beraktivitas jika diperlukan.

– Hindari zat-zat yang bisa menyebabkan iritasi seperti hairspray, asap rokok, minyak wangi, asap obat nyamuk, bau cat yang tajam, dan bau tajam lainnya.

– Hindari udara dan air yang dingin.

– Hindari makanan yang mempunyai tingkat alerginitas tinggi.

– Bagi ibu hamil, perbanyak makan apel dan ikan agar bayi dalam kandungan kebal terhadap penyakit asma.

– Konsumsi buah pisang dan apel terbukti dapat mengurangi gejala asma.

Demikian ulasan Penyebab Asma, Tips dan Cara Mengobati Asma Secara Alami. Semoga bermanfaat 🙂

Sumber: ’Sembuh dengan Obat alami’ pada Penyebab Asma, Tips dan Cara Mengobati Asma Secara Alami.

LEAVE A REPLY