8 Tips Agar Bisa Hidup Sehat Sampai TuaSehat merupakan harta yang paling berharga untuk kita, dengan sehat kita bisa melakukan aktivitas dengan baik. Namun menjaga kesehatan bukanlah perkara mudah, selain karena faktor kemunduran kondisi organ-organ tubuh sebab umur yang semakin menua, juga karena sehat hanya bisa dicapai dengan kebiasaan hidup yang baik. Jadi untuk hidup sehat, maka yang perlu dilakukan adalah merubah kebiasaan kita. Berikut ini adalah 8 tips agar hidup kita sehat sampai tua:

1. Makan aneka macam makanan

Untuk mendapatkan semua gizi tidaklah bisa hanya dengan memakan satu jenis makanan. Makanan beraneka ragam dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi dimana merupakan salah satu faktor yang berperan menentukan kesehatan seseorang. Jika bingung, maka ingatlah saat kita di SD dimana selalu mengatakan “Makanan 4 sehat 5 sempurna” masih ingat bukan.

2. Membatasi asupan karbohidrat

Ada 2 jenis karbohidrat yaitu karbohidrat kompleks seperti padi-padian serta umbi-umbian dan karbohidrat sederhana seperti gula. Sebaiknya 50% – 60% kebutuhan energi kita dipenuhi oleh karbohidrat kompleks, itu berarti kita cukup makan 3-4 piring nasi sehari. Jika energi dari karbohidrat kompleks melebihi 60%, maka kebutuhan protein, vitamin, dan mineral sulit dipenuhi. Sementara itu batasi kebutuhan gula hingga 5% dari kecukupan energi atau sebanyak 3-4 sendok gula sehari.

3. Mengkonsumsi zat besi

Zat besi merupakan zat yang penting bagi tubuh kita. Sumber zat besi bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi sayuran yang berwarna hijau, kacang-kacangan, hati, telur, dan daging.

4. Membiasakan untuk makan pagi atau sarapan

Sarapan berguna sebagai bekal tubuh agar mampu memelihara ketahanan fisik, mempertahankan daya tahan kerja dan meningkatkan produktivitas. Sarapan pagi sebaiknya mengandung karbohidrat, vitamin, dan juga protein. Selain fungsi tersebut, kebiasaan meninggalkan sarapan pagi dapat menurunkan tingkat kecerdasan kita loh.

5. Membatasi konsumsi lemak dan minyak

Asupan lemak dan minyak sebaiknya diperoleh dari nabati seperti minyak kelapa, minyak jagung, dan minyak kacang. Batasan konsumsi lemak dan minyak sebaiknya paling sedikit 10% dan tidak melebihi 25% dari kebutuhan energi.

6. Menggunakan garam beryodium

Garam beryodium diperkaya dengan kalium iodat yang dapat mencegah akibat kekurangan yodium seperti terhambatnya perkembangan kecerdasan anak dan penyakit gondok endemic.

7. Minum air mineral sedikitnya 2 liter sehari

Kebutuhan air dalam tubuh kita sangatlah tinggi, itu sebabnya tubuh kita harus selalu terisi oleh air agar tetap dalam kondisi optimal. Minimal adalah 2 liter atau 8 gelas sehari.

8. Berolahraga secara teratur

Bagi kebanyakan dari kita, melakukan olahraga secara teratur adalah sangat susah namun jika sudah terbiasa maka aktivitas olahraga sangatlah mudah dan menyenangkan. Olahraga bisa kita lakukan dengan jogging di sekitar rumah kita.

Itulah 8 tips sehat yang jika kita lakukan secara berkelanjutan akan membuat tubuh kita sehat sampai tua. Yuk hidup sehat!!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY