Internet menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang, termasuk saya πŸ™‚ namun, apalah daya, kecepatan internet di Negara kita amat jauh dibandingkan dengan negara lain, bukan hanya jauh kecepatan koneksinya tapi juga harga tarifnya πŸ™

Sebagian dari kita pasti sudah berganti-ganti provider untuk melihat dan merasakan mana yang lebih baik. Saya sendiri sampai saat ini baru mencoba 4 operator saja, yaitu Smart, Indosat M2, Three, dan terakhir Telkomsel Flash.

Pada kesempatan kali ini saya hanya akan berbagi tentang Telkomsel Flash saja, mungkin next time akan saya bagikan pengalaman saya menggunakan semua operator-operator yang sudah saya sebutkan di atas.

Menggunakan Flash sejak Oktober 2010 sampai saat ini Maret 2011 berarti sekitar 5 bulan saja saya sudah berlangganan.

Pada saat pertama kali, saya ke gerai Halo untuk minta berlangganan Flash dari Halo, ternyata persyaratan saya ga memenuhi πŸ™ akhirnya saya terpaksa pakai kartu simpati. Saya hanya memakai kartu dari simpati kemudian menggunakan paket 30 hari, itupun karena mengikuti anjuran dari mbak di gerainya. Kalau dihitung-hitung, lebih baik menggunakan kartu Simpati atau AS saja, karena perdananya juga lebih murah, hanya sekitar 5000 rupiah dibandingkan dengan kartu khusus untuk flash.

Ada 3 paket yang disediakan melalui *363# yaitu:
1. Unlimited 14 hari, kuota 100MB (setelah itu turun ke 64kbps) rp 50.000
2. Unlimited 30 hari, kuota 500MB (setelah itu turun ke 64kbps) rp 100.000
3. Unlimited 30 hari, kuota 1.5GB (setelah itu turun ke 64kbps) rp 200.000

Update April 2012, kuota sudah ditambahkan 2 kali lipat.

Dari ketiga pilihan di atas, yang paling menarik adalah pilihan kedua. Pengalaman saya sendiri, 500MB itu habis hanya dalam satu malam, max 2malam. Saya gunakan untuk browsing biasa sebenarnya, hanya saja tab yang dibuka selalu banyak.

Saya menggunakan opsi yang kedua, jadi saya akan membahas yang 100rb/bulan. Untuk kecepatan, yakinlah anda akan mendapatkan kecepatan super cepat pada pagi hari sampai jam 6.30an πŸ˜€ Sama seperti provider lainnya, kecepatan akan turun saat jam-jam sibuk, apalagi malam minggu, Anda akan sedikit dibuat kesal karenanya.

Awal-awal anda berlangganan mungkin akan sedikit tidak stabil koneksinya (modem cukup berpengaruh) tapi begitu lebih dari 3bulan saya merasakan koneksinya sangat stabil alias tetap konek tanpa putus-putus, sinyal juga selalu dapat HSDPA atau minimal pasti dapat 3G full bar (saya di daerah Kab. Bekasi).
Jika Anda sudah terbiasa, ketika koneksi down saya yakin pasti anda bisa mengatasinya, menurut pengalaman saya sendiri. Saya menggunakan internet hampir 15 jam rata-rata perhari, kecepatan maksimal yang pernah saya dapat bisa dilihat digambar berikut :

oh, bukan-bukan, mungkin anda kaget πŸ˜€
Bukan gambar di atas ini, tapi gambar pertama yang paling atas.Β Gambar di atas ini hasil speedtest wifi di salah satu universitas yang sering saya kunjungi. Jauh sekali yah bedanya πŸ™

Oke, lalu apa kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan menurut pribadi:
– Murah, coba bandingkan kalo ke warnet, 2500/jam x 15jam x 30 hari = 1.125.000.
– Stabil, awal-awal berlangganan mungkin agak rewel.
– Koneksi cepat untuk jam lenggang (tidak sibuk).

Kekurangan:
– Lebih mahal dari kompetitor yang menyediakan Rp 50rb perbulan.
– Koneksi down di jam sibuk, terutama ketika kuota sudah habis.

Demikian pengalaman menggunakan paket dari Telkomsel Flash, bisa dikatakan saya cukup puas dengan Flash 100rb ini.Β Jika Anda hanya menggunakan internet untuk FB, Twitter, dan email saja saya kira kuota yang diberikan paket tersebut sudah cukup. Semoga ulasan ini dapat berguna untuk Anda untuk menentukan paket yang akan Anda pakai.

 

Tags: kelebihan dan kekurangan modem telkomsel flash, kelebihan telkomsel flash, keunggulan modem telkomsel flash, Kelebihan modem Telkomsel flash, kelemahan modem telkomsel flash, Kelebihan Modem flash, kelemahan telkomsel flash, kelebihan dan kekurangan modem flash, Keunggulan modem flash, kelemahan modem flash

4 COMMENTS

  1. maksudnya dengan tanpa membayar perbulan? waduh, beruntung banget kalo gitu.

    Kemungkinannya dari paket yang dibeli atau bisa juga dari bonus. Terkadang karena ada kesalahan sistem dari Telkomsel juga bisa dapet gratis, pengalaman saya hanya satu hari dengan kuota full, setelah diperpanjang dapet kuota full lagi.

    Telkomsel memang melakukan penambahan pada kecepatan dan kuota akhir 2011 setahu saya.

    Thanks udah share πŸ™‚

  2. saya suda pake telkomsel flash dari awal agustus 2011 lalu, sudah 5 bulan dipake tapi masih bisa buat internetan. bahkan kecepatannya semakin bagus. padahal saya pas awal cuma belinya 300 ribuan (paket modem dan kartunya). kenapa yah masih bisa dipake/ bahkan tambah kecepatannya? atau ini adalah kelebihan dari telkomsel flash? aneh??

LEAVE A REPLY