Melanjutkan posting kemarin, sekarang akan saya coba mereview laptop atau netbook Acer Aspire one D255, kelebihan dan kekurangannya.

Saya sudah menggunakan laptop ini sekitar 7 bulan, dengan begitu saya sudah mengerti bagaimana kinerja, kelebihan, dan kekurangan laptop ini 🙂

Acer Aspire one D255 yang dibekali 6-cell Li-ion battery, 1 GB DDR3 Memory, dan Intel Atom Processor N550 (1.5GHz, 1MB L2 cache) ini cukup memuaskan. Battery 6-cellnya ketika masih baru bisa sampai 9 jam, ga percaya? itu kalau disetting layar minimal dan ga dipake buat ngejalanin program berat. Setelah sering dipakai lembur battery menjadi berkurang sekitar 20 persen.
Saya memakai windows 7 sebagai sistem operasinya. sehari-hari dipakai lebih dari 10 jam. Untuk menjalankan program sampai menengah sih ga ada masalah, hanya saja jika sudah sering dipakai kerja rodi seperti laptop saya, jadi lebih lama loadingnya.

Hasil test windows experience index, Acer Aspire one D255 mendapatkan score 2.9 cukup tinggi jika melihat spesifikasi yang dipakai. Bagaimana kelebihan dan kekurangan?

Kelebihan:1. Kecil (so pasti, karena 10.1″)
2. Layar cukup tajem
3. Suara cukup enak
4. Battery tahan lama
5. Cukup senyap dan tidak terlalu panas
6. Kinerja processor bagus (cepat)
7. Warna tersedia cukup banyak
8. Keyboard nyaman walau agak berisik menurut saya
9. Ringan bobotnya
10. Cukup lengkap fiturnya

Kekurangan:
1. Kurang besar layarnya (lho???)
2. Ada bagian yang agak ringkih
3. Layar tidak bisa dibuka hingga 180 derajat seperti Zyrex saya
4. Jika program sudah banyak, agak lelet

Kelebihan dan kekurangan tersebut hanya sebagian, ada hal-hal lain juga. Secara keseluruhan, anda akan mendapatkan lebih dari harganya alias harganya bisa dikata murah.

Untuk gambaran, saya menggunakan laptop ini untuk : (program)
1. Browser (Opera, Chrome, Mozila)
2. Photoshop (portable)
3. Adobe Dreamweaver
4. Micr Office (word dan exel)
5. Editor photo lainnya
6. Sony Vegas (editor video)
7. Program Internet (Magic Article rewriter/submitter, market Samurai, dll)
8. Program lain yang sangat banyak di bawah 7 itu

Jadi, jika anda hanya menggunakan laptop ini untuk kebutuhan kuliah saja (bukan jurusan design dan sejenisnya lho ya) maka laptop ini amat sangat lebih dari cukup lah menurut saya yang bokek ini 😀

Semoga review saya yang subjektif ini bisa berkenan dan membantu anda 🙂

Terms: Kelemahan laptop acer, kelebihan laptop acer, kelemahan notebook acer, kelebihan dan kekurangan netbook acer, kelebihan dan kekurangan laptop acer, kekurangan acer, kekurangan Laptop acer, kelemahan acer d255, kelebihan dan kelemahan laptop asus, keunggulan netbook acer

8 COMMENTS

    • Sony SVE11125CVW dibandingkan D255 pastinya lebih baik di semua aspek. Kelasnya dah beda jauh. Untuk kuliah dan sehari-hari dah cukup kok, kelemahannya adalah di prosesor yang cuma 1.7 GHz, akan terasa ketika dipakai multitasking, video editing, dan editing lainnya. Untuk teknik informatika, laptop ini saya rasa dah cukup bagus karena ga akan banyak menyentuh video dan image editing.

      Memang kalo ingin netbook dengan performa notebook maka solusinya adalah mencari notebook dengan ukuran layar 11″ atau 12″ meski pilihannya sedikit dan umumnya memiliki harga lebih tinggi dari 14″ sekalipun. Itu karena bisa saya bilang, terbatas untuk beberapa orang saja, termasuk saya.

      Kalau budget ga masalah dan ingin yang lebih tangguh, bisa coba cari HP ProBook 4230s-9PA dengan core i5 dan layar 12″, bobotnya pun relatif ringan yakni sekitar 1.6 kg.

      oh iya, masalah tanggung atau tidak, itu sih kembali ke kebutuhan (dan keinginan) ya. Kalo emang ingin yang 11″ atau 12″, why not?! Semoga membantu 🙂

LEAVE A REPLY