Hampir semua orang pasti mencari yang terbaik ketika akan membeli sesuatu, begitu juga untuk Anda yang akan membeli kamera digital, baik itu kamera pocket, Prosumer, maupun DSLR. Jika ditanya produk mana yang terbaik, cara yang paling mudah menemukan jawabannya adalah dengan menyesuaikan kebutuhan kita maka produk itulah yang terbaik. Namun, dengan banyaknya review tentang produk termasuk review kamera, maka semakin memudahkan kita untuk menentukan kamera digital mana yang paling bagus untuk kita.

Mengumpulkan dari berbagai review dan website diantaranya dpreview.com, kenrockwell.com, dan amazon.com, didapatlah kamera digital terbaik yang juga memiliki pengguna terbanyak. Berikut ini adalah kamera digital terbaik tahun 2012, meskipun tidak semua kamera di bawah ini diluncurkan tahun 2012.

Kamera pocket terbaik

Canon PowerShot S100

Canon PowerShot S100: Kamera pocket terbaik di dunia dengan kualitas hasil foto yang luar biasa dan tentu dengan ukuran body yang kompak, ringan, dan interface yang mudah. Harga Canon PowerShot S100 sebagai kamera pocket terbaik saat ini adalah di angka Rp 3,900,000,-. Memang bukanlah harga yang dapat diterima oleh semua kalangan, namun jika Anda menginginkan hasil gambar kualitas prima dengan ukuran yang kompak, maka Canon PowerShot S100 adalah jawabannya.

PANASONIC Lumix DMC-S1

PANASONIC Lumix DMC-S1: Nah, jika Canon PowerShot S100 berharga cukup tinggi, berbeda dengan  PANASONIC Lumix DMC-S1. Kamera ini berharga di bawah satu juta yakni Rp 775,000,- Mengapa PANASONIC Lumix DMC-S1 dijadikan kamera terbaik, alasannya adalah karena dengan harga yang sangat murah, kita bisa mendapatkan fitur dan kualitas kamera yang tidak buruk bahkan terbilang lumayan, sebut saja resolusi 12 MP dan HD Video.

Kamera Prosumer terbaik

CANON PowerShot G12

CANON PowerShot G12: Jika CANON PowerShot G1 X buat Anda terlalu mahal, maka pilihannya bisa jatuh di generasi sebelumnya yakni CANON PowerShot G12. Harga CANON PowerShot G12 saat ini berkisar di angka 4 juta sedangkan CANON PowerShot G1 X berharga 6 juta.

FUJIFILM X10

Ada pilihan lain khusus untuk Anda yang juga punya style, FUJIFILM X10 merupakan salah satu kamera Prosumer terbaik. Harga FUJIFILM X10 pun berada di angka 6 jutaan. Harga yang Anda keluarkan akan sebanding dengan kualitas hasil foto dari FUJIFILM X10, dan jangan lupakan desain casualnya ya.

Kamera DSLR terbaik

Nah, untuk Anda yang ingin serius di bidang Fotografi maka DSLR adalah jawabannya. DSLR umumnya dibagi menjadi 3 kelas, pemula, semi pro, dan pro. Dari banyak review di dunia, kamera-kamera berikut ini yang disebut-sebut sebagai kamera DSLR terbaik saat ini.

Nikon D5100

Nikon D5100 Harga Kit berkisar di angka 6,4 juta, jika budget belum cukup maka pilihan bisa jatuh ke Nikon D3100 dengan harga Kit 5,4 juta. Jika Anda menginginkan resolusi yang lebih tinggi dengan fitur yang lebih lengkap maka Nikon D3200 bisa menjadi pilihan meski harganya setara dengan Nikon D5100.

Nikon D800

Nikon D800: Nikon D800 disebut-sebut sebagai kamera DSLR terbaik di dunia saat ini. Kualitas gambarnya superb dengan harga yang juga termasuk serius yakni berkisar di 34 jutaan.

Selain kategori di atas, ada beberapa kategori lain seperti kamera sport terbaik, landscape terbaik, mirrorless terbaik, dsb. Namun dari kategori utama, maka 3 kategori di atas sudah mewakili semuanya.

Bonus: Kamera Casual Terbaik

Jika budget Anda belum cukup untuk menebus kamera idaman semua fotografer, LEICA M9-P, maka FUJIFILM X100 bisa dijadikan pengganti untuk Anda yang menginginkan kamera super dengan desain yang memikat dan bergaya.

FUJIFILM X100

FUJIFILM X100 memiliki kualitas yang prima dan dengan desain yang lebih simpel dan lebih kecil dibanding dengan DSLR non mirrorless. Harga FUJIFILM X100 saat ini berkisar di 10,5 juta.

Itulah kamera digital terbaik saat ini berdasar dari beberapa sumber review dan fotografer ahli. Namun begitu, bukan berarti kamera yang tidak ada di atas jelek, seperti misalnya Canon D1x, atau Nikon D4, mereka merupakan kamera terbaik yang juga memiliki harga serius. Namun jika Anda bukan seorang fotografer jurnalistik dan olahraga, dengan kamera-kamera di atas sudah sangat memenuhi kebutuhan fotografi saat ini.

Lihat juga, daftar harga kamera digital terbaru.

Terms: kamera prosumer terbaik 2012, kamera prosumer terbaik, kamera mirrorless terbaik, kamera pocket terbaik 2013, kamera mirrorless terbaik 2012, kamera prosumer terbaik 2013, Kamera semi pro terbaik, kamera dslr semi pro terbaik 2012, kamera terbagus, prosumer terbaik 2012

6 COMMENTS

    • Ada kok, Panasonic dengan harga 775ribuan. Kualitas bagus pasti membutuhkan material dan biaya produksi yang lebih tinggi, karena itulah harganya juga lebih tinggi.

  1. Waaah, keren nih artikelnya..ulasan yang ringkas namun tepat sasaran. Btw klo kamera Panasonic Lumix DMC-S1 itu hasil jepretnya di cetak hingga 20R masi bisa bagus gak kira-kira sob?

    • Tanpa bantuan Photoshop atau editing software sejenis hasilnya kurang bagus. Untuk 10R kemungkinan masih bagus. Btw, besar sekali cetak 20R sob 🙂 bukan tidak mungkin yah dicetak 20R, karena banyak orang yang cetak 20R dengan 10 atau 12 MP. Bisa kunjungi blog ini untuk tambah penjelasan: _http://imajiplus.wordpress.com/teknik-technic/tips-trick/ukuran-cetak-foto/

LEAVE A REPLY