Saat ini, notebook alias notebook sudah menjadi barang yang wajib dimiliki oleh sebagian orang. Dari hari kehari laptop semakin bertebaran di sekitar kita dari mulai kalangan bawah, menengah sampai kalangan kelas atas, dari anak sekolah, mahasiswa, karyawan sampai pengusaha-pengusaha alias bisnisman, ada juga yang berasal dari selain yang disebutkan di atas. Bandingkan dengan empat sampai tiga tahun lalu, hanya sedikit sekali orang yang memiliki notebook, hanya mereka dengan uang yang banyaklah yang bisa membeli notebook.

Bagi anda yang belum memiliki notebook, jika ingin membeli notebook baik yang baru maupun yang bekas alias seken, ada poin-poin yang harus diperhatikan sebelum membeli. Berikut akan dijelaskan mengenai tips-tipsnya.

Laptop alias notebook terbagi menjadi beberapa kelas, ada notebook murah, notebook mainstream, notebook ringan dan notebook desktop replacemen.

Yang pertama sekali anda lakukan jika anda akan membeli notebook adalah tentukan dulu anda akan membeli notebook kelas yang mana.

1. Notebook murah : diperuntukkan bagi anda yang termasuk orang yang memiliki dana terbatas dan menggunakan notebook untuk kegiatan komputasi ringan, misalnya mengetik dan internet. Karakteristik notebook murah antara lain: harga dibawah 6 juta, spesifikasi rendah, minim kelengkapan, dan biasanya dalam pembelian tidak disertai dengan sistem operasi windows. Notebook ini cocok untuk pelajar/mahasiswa, pengguna dengan dana terbatas dan bagi mereka yang biasa melakukan kegiatan komputasi ringan.

2. Notebook Mainstream : cocok bagi kebanyakan pengguna, karakteristik notebook ini antara lain: menggunakan spesifikasi yang cukup memadai ada juga yang spesifikasinya tinggi (ada yang sudah menggunakan kartu grafis mandiri). Ada banyak variasi di kelas mainstream, ada yang unggul dalam kinerja, hiburan atau multimedia, fasilitas dll, harganya tidak murah tapi tidak semahal notebook ringan maupun notebook desktop replacemen (8-15 jutaan).

3. Notebook Ringan : cocok untuk anda yang sering bepergian dengan membawa notebook, karakteristik dari notebook ini adalah layarnya berukuran 12″-13″, bobot dibawah 2 kg, fasilitas cukup lengkap dan harganya lebih tinggi dari notebook-notebook di atas.

4. Notebook Desktop replacemen : diperuntukkan bagi anda yang ingin menggantikan PC desktop anda dengan notebook. Karakteristik notebook ini antara lain: spesifikasi yang tinggi, fasilitas lengkap, daya tahan batere yang lama, komponen kelas atas, kebanyakan sudah menggunakan kartu grafis mandiri, dan harganya sangat tinggi. Cocok untuk anda yang biasa melakukan kegiatan komputasi kelas berat.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY