Home » Tekno » Pilih Printer Inkjet atau Printer Laser?

Pilih Printer Inkjet atau Printer Laser?


Printer Inkjet atau Printer Laser | Ketika kita akan membeli printer, maka yang pertama kali kita hadapi adalah memilih antara printer laser atau inkjet. Meskipun masyarakat kita pada umumnya lebih condong langsung memilih printer inkjet, namun dengan ulasan ini diharapkan akan menambah pengetahuan kita dan pada akhirnya lebih bijaksana untuk memilih jenis printer.

Untuk kebutuhan usaha kecil menengah dan besar, pilihan terbaik adalah printer laser dan kami yakin pelaku usaha sudah mengerti betul kenapa memilih printer laser. Nah, bagaimana untuk kebutuhan harian di rumah atau untuk kebutuhan belajar dan sekolah?

Pilih Printer Inkjet atau Printer Laser

Apa perbedaan printer laser dan printer inkjet?

Printer inkjet menggunakan tinta cair yang disemprotkan melalui microscopic nozzles ke kertas sedangkan printer laser menggunakan toner cartridge dan pemanas.

Kelebihan & kekurangan dari printer inkjet dan printer laser:

Kelebihan dan kekurangan masing-masing printer inkjet dan laser dibagi ke beberapa faktor penting membeli printer.

HARGA

Harga printer inkjet relatif lebih murah, dengan hanya mulai dari 400 ribuan kita sudah bisa membawa pulang printer inkjet (HP Deskjet 1000). Untuk harga ink cartridge, tinta warna hitam untuk merk HP harganya mulai dari 65 ribuan sedangkan untuk yang berwarna harganya mulai dari 100 ribuan. Setiap cartridge memiliki kemampuan print biasanya 100 lembar namun ada juga yang bisa sampai 200 lembar, tergantung penggunaan. Sedangkan untuk cartridge dengan volume tinta lebih banyak tentu memiliki kemampuan printing lebih dari itu. Hitungan biaya per lembar menggunakan printer inkjet adalah sekitar Rp 500 – Rp 300  dengan tinta ASLI, bukan tinta isi ulang (suntik).

Printer laser berharga jauh lebih mahal terutama untuk printer laser warna yakni 2 jutaan. Sedangkan untuk printer laser mono (hitam) harga termurahnya sekitar 700/800 ribuan (Brother). Harga toner cartridge black dimulai dari harga Rp 250.000. Dengan kemampuan cetak hingga 700 lembar, maka biaya per lembarnya sekitar Rp 357.

Kecepatan printing dan fitur printer

Printer laser dengan harga 0.8 – 2 jutaan memiliki print speed sekitar 20 – 25 ppm, artinya printer dapat mencetak sekitar 20 – 25 per menit. Untuk printer laser dengan harga 3 juta ke atas kecepatannya sekitar 30 ke atas sampai sekitar 60 ppm (harga 20 jutaan). Keduanya adalah kecepatan mencetak B/W (black and white). Untuk mencetak warna, kecepatannya sekitar 10 ppm (harga 2 jutaan)  sampai 50 ppm (printer laser harga 40 jutaan).

Printer inkjet memang relatif lebih lambat dari laser, namun dengan harga lebih murah dan setara, printer inkjet bisa dibilang lebih baik. Printer inkjet memiliki kecepatan 16/12 (BW/Color) ppm dengan harga printer hanya 400 ribuan. Untuk printer inkjet harga 3 jutaan, kecepatannya mencapai 34/34 (BW/Color) ppm. Bisa kita lihat bahwa ternyata kemampuan kecepatan printer inkjet tidak kalah dengan printer laser.

Fitur printer laser jet umumnya lebih baik dari inkjet di beberapa poin seperti memory dan processor yang lebih tinggi dari printer inkjet, itulah kenapa printer laser lebih jarang eror.

Operational Cost

Kategori ini maksudnya adalah biaya perawatan atau pengurusan printer termasuk mengganti cartridge. Printer laser lebih unggul karena memiliki waktu penggantian cartridge lebih lama (relatif). Sedangkan untuk printer inkjet kita harus lebih sering mengganti cartridge (atau isi ulang).

Kualitas cetak

Nah, ini dia faktor terpenting bersanding dengan harga.

Untuk cetak hitam putih printer laser lebih baik dan lebih tahan karena hasil cetaknya tahan air. Begitu juga dengan cetak warna, kualitas hasilnya lebih baik dari inkjet dan tahan air , namun untuk komposisi warna (real color) yang dihasilkan ternyata tidak sebagus yang dihasilkan oleh printer inkjet.

Kesimpulan

Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing printer, bisa kita ambil kesimpulan bahwa baik printer laser jet maupun inkjet memiliki fokus berbeda, dengan harga dan kecepatan sampai 50 ppm di printer laser, maka cocok digunakan di kantor ataupun tempat usaha yang memerlukan kecepatan dan efisiensi jangka panjang.

Untuk penggunaan di rumah, jika budget tak jadi masalah maka kita bisa memiliki keduanya dengan penggunaan berbeda. Ketika kita membutuhkan untuk mencetak dokumen hitam putih (yang relatif lebih sering) maka baiknya menggunakan printer laser yang memiliki kemampuan printing lebih banyak. Ketika Anda membutuhkan untuk mencetak berwarna, baiknya menggunakan printer inkjet karena biayanya lebih murah jika dibanding printer laser dengan hasil warna  yang lebih bagus.

Untuk penggunaan jangka panjang, printer laser jauh lebih hemat dari printer inkjet, namun yang jadi masalah kebanyakan orang adalah, seberapa tahan printer tersebut sampai bertahun-tahun tanpa harus dibawa ke tempat service.

Demikian ulasan ini sebagai bahan menambah pengetahuan kita tentang printer inkjet dan printer laser. Adapun untuk pemilihan printer tetap kembali pada Anda lebih menginginkan yang mana.