Home » Education » Sejarah Internet

Sejarah Internet


Sejarah InternetSejarah Internet – Penemuan Internet merupakan salah satu penemuan yang sangat penting. Dengan adanya teknologi Internet, kini kita dapat dengan mudah saling bertukar informasi di dunia maya. Namun, taukah Anda sejarah Internet, mulai dari penemuan sampai berkembangnya teknologi Internet.

Berikut ini adalah sejarah singkat Internet yang dapat menambah wawasan Anda mengenai sejarah Internet. Jadi selain kita menggunakan Internet sehari-hari (buktinya Anda membaca halaman ini), kita juga mengetau bagaimana sejarah Internet itu.

Internet (kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Internet atau Interconnection Networking mempunyai arti hubungan berbagai komputer dan berbagai tipe (platform) komputer yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telpon, wireless, bahkan teknologi satelit.

Pada tahun 1969, lembaga Riset Departemen Pertahanan Amerika atau DARPA (Defence Advance Research Project Agency) mendanai sebuah proyek untuk mengembangkan jaringan komunikasi data antar beberapa computer. Pengembangan jaringan tersebut sukses dan melahirkan ARPNet. Pada tahun 1972, organisasi ini kemudian mendemonstrasikan di depan peserta The First International Conference on Computer Communication dengan jaringan yang terpasang sebanyak 40 titik (node).

Sebenarnya tujuan awal dibangunnya proyek tersebut adalah untuk keperluan militer. Departemen Pertahanan Amerika menggunakannya untuk menghubungkan daerah-daerah yang vital agar bisa terhubung untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan gangguan keamanan lainnya.

Aplikasi internet yang pertama kali ditemukan adalah FTP (File Transport Protokol) yang merupakan sebuah cara yang digunakan untuk mengirimkan atau mentransfer file. Pada tahun 1984, jumlah host di internet lebih dari 1000 buah. Pada tahun itu pula diperkenalkan DNS (Domain Name System) yang digunakan untuk mengganti atau mendefinisikan suatu IP (Internet Protocol) agar lebih mudah diingat.

Tahun 1986, lembaga ilmu pengetahuan nasional Amerika Serikat, NSF (National Science Foundation) mendanai pembuatan jaringan TCP/IP yang didanai oleh organisasi NSFNet.

Jaringan ini digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dan memungkinkan terhubungnya universitas-universitas di Amerika dengan kecepatan sebesar 56 kbps. Jaringan ini menjadi embrio berkembangnya internet sampai saat ini.

Pada tahun 1987, berdirilah sebuah ISP (Internet Service Provider) yang diberi nama UUNet yang saat itu merupakan provider utama Internet. Pada tahun 1995, perkembangan Internet semakin meluas. Hal ini ditandai dengan hadirnya berbagai penyedia jasa internet (ISP). SFnet yang telah lama menjadi tulang punggung Internet kembali menjadi jaringan untuk keperluan riset.

Karena perubahan ini, lalu lintas data yang melalui Amerika dialihkan ke jaringan tulang punggung penyedia jasa internet. Sementara itu NSFNet mengembangkan jaringan sangat tinggi yang menghubungkan lima pusat computer super. Jaringan tersebut diberi nama VBNS (Very High Speed Backbone Network Service) dengan kecepatan 622 Mbps (OC-12).

Seiring berjalannya waktu, aplikasi internet semakin bertambah dengan diciptakannya WAIS (Wide Area Information Servers), Gopher, dan WWW (World Wide Web).

WWW atau World Wide Web adalah sebuah ruang informasi yang sangat berguna dan diakses oleh user melalui browser, dengan adanya WWW kita bisa menerima berbagai macam informasi dalam berbagai format. WWW sering juga disebut sebagai protocol pada sebuah URL (Uniform Resource Locator).

Itulah sejarah Internet secara singkat, jika dijabarkan maka banyak sekali detail penjelasan tentang alat dan teknologi Internet. Dengan Internet, Anda bisa cari informasi lengkap tentang sejarah Internet di web wiki seperti contohnya Wikipedia.org dan lainnya.

  • S****k beton

    Wow