Home » Informasi » Cara Membuka Rekening di Bank BCA dan Bank Lainnya

Cara Membuka Rekening di Bank BCA dan Bank Lainnya


Cara Membuka Rekening di Bank sebenarnya hampir sama antara bank satu dengan bank lainnya. Entah itu BCA, Mandiri, BRI, Muamalat, BNI, dan bank lainnya biasanya mensyaratkan KTP dan uang pangkal untuk membuka rekening di bank. Hampir semua bank mensyaratkan bahwa KTP dan tempat mendaftar atau membuka rekening adalah sama dalam satu daerah. Kecuali untuk beberapa bank membolehkan KTP dari daerah mana saja untuk membuka rekening di bank mereka.

Inilah cara membuka rekening di bank BCA dan bank lainnya.

1. Siapkan KTP asli, KTP ini daerahnya harus sama dengan bank tempat membuka rekening. Jika tidak, biasanya bank akan meminta surat keterangan dari RT atau Kepala Desa untuk keterangan tinggal.

2. Siapkan uang pangkal, setiap bank berbeda, pada tahun 2011 BCA mensyaratkan uang pangkal Rp 500.000, Muamalat hanya mensyaratkan Rp 100.000. Tenang saja, setelah mendapatkan ATM, kita bisa mengambil uang tersebut kembali.

3. Menuju ke bank, dan ambil antrian, beruntung jika tidak mengantri. Antrian untuk teller dan untuk membuka rekening berbeda, jika bingung, tanya saja ke pak satpam, biasanya pak satpam baik kok :).

4. Ikuti saja apa yang diinstruksikan petugasnya, biasanya akan disuruh memilih jenis tabungan, pilih saja sesuai kebutuhan kita.

5. Done, setelah rekening dibuat, tinggal tunggu ATM aktif sampai bisa kita gunakan untuk transaksi di ATM.

Catatan:

- Kelebihan dari BCA, kita bisa ambil semua uang di rekening hingga Rp 0, tapi ketika saldo terisi lagi, akan berkurang jika biaya administrasi bulanan kita masih ngutang :D

Demikian cara membuka rekening di bank.

  • nonong

    sekarang pembuatan ATM di BCA harus pakai NPWP

  • http://drikacaiink@yahoo.co.id rika

    pak ku mau nanyaya kn aku th pngen bka bri.di bndng tpi ktpnya tasik.apah bsa pak…

    • http://idbrains.com/ Brian

      Saya pernah tanya ke BRI dan katanya bisa, tapi mesti ada surat tinggal atau keterangan menempat di daerah tersebut dari RT atau setara. Coba datang langsung ke bank karena bisa saja berbeda ketentuannya.

  • http://cumiie87.blogspot.com putu oka

    misalkan saya memakai pasport,apakah bisa membuat rekening bank?

    • http://idbrains.com/ Brian

      sebaiknya pakai KTP, atau bisa langsung ditanyakan ke bank yang diinginkan pak. Beberapa bank mungkin membolehkan memakai pasport, sebagian lainnya tidak.

  • http://blackboy.pun.bz/ Coehendra

    Kalo bank Bri rincian syrat ny apa z mas, kalo ktp blum jadi gima cra pintasnya?
    thx

    • http://idbrains.com/ Brian

      BRI syaratnya KTP dan uang setoran pertama sekitar Rp 250.000. Tidak bisa kalau ga pakai KTP.

  • tri wittri

    Kalo misalkan aku mau bikin rekening BCA tp ktp-nya jawa bikin rekeningnya di jakarta bisa gak ya?