Home » Education » Sains » Bagaimana Terjadinya Petir

Bagaimana Terjadinya Petir


Bagaimana Terjadinya PetirBagaimana Terjadinya Petir? Terjadinya petir bagi sebagian kita adalah hal menakutkan, melihat kilatan di langit dan mendengar gelegar suara yang seringnya membuat merinding. Di sisi lain, terjadinya petir menimbulkan pemandangan menakjubkan di langit yang kemudian diabadikan dengan kamera oleh para fotografer alam.

Petir biasanya terjadi pada musim hujan yang membuat suara gelegar petir atau disebut guruh menjadi semakin menakutkan karena diiringi suara hujan. Guruh dan kilatan cahaya timbul bersamaan, tetapi yang kita lihat dan kita dengar, kilatan terjadi lebih dulu baru kemudian disusul dengan guruh, hal itu terjadi karena adanya perbedaan antara kecepatan suara dan kecepatan cahaya.

Terjadinya petir melibatkan dua lempeng, lempeng pertama adalah awan yang bisa berupa lempeng negatif atau lempeng positif, lempeng kedua adalah lempeng bumi yang dianggap netral. Terjadinya petir disebabkan karena adanya perbedaan potensial antara awan dengan awal lainnya atau dengan bumi. Proses terjadinya muatan pada awan karena dia bergerak terus menerus secara teratur, dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya.

Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara. Petir lebih sering terjadi pada musim hujan, karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir. Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan.

Bagaimana melindungi diri dari sambaran petir.

Cara melindungi diri dari sambaran petir salah satunya dengan menggunakan metode Sangkar Faraday yaitu melindungi area yang akan diamankan dengan melingkupinya memakai konduktor (penghantar listrik) yang dihubungkan dengan bumi. Cara lainnya untuk melindungi dari sambaran petir adalah dengan memasang menara anti petir di rumah kita atau di gedung yang akan diamankan yang tingginya melebihi rumah atau gedung tersebut. Bagaimanapun, terjadinya petir adalah salah satu peristiwa alam yang menakjubkan untuk dipelajari dan diabadikan dengan kamera seperti pada beberapa gambar di bawah ini. Itulah sedikit penjelasan tentang proses terjadinya petir.

Bagaimana Terjadinya Petir

Reference: Wiki site. Images: Fotografer.net for ‘Bagaimana Terjadinya Petir’


Ideas: Bagaimana Terjadinya Petir, terjadinya petir, gambar proses terjadinya petir, proses terjadinya petir, Kenapa ketika terjadi petir lebih dahulu melihat kilatan cahaya kemudian mendengar suaranya, petir yang terjadi di bawah lempengan